Pengertian Demokrasi Menurut Ahli, Ciri, Prinsip, dan Modelnya

Demokrasi adalah salah satu sistem pemerintahan yang diterapkan di beberapa negara termasuk Indonesia. Pengertian demokrasi sendiri sering merujuk pada pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat sehingga rakyat mengambil peranan penting dalam pengambilan keputusan.

Demokrasi mempunyai sejumlah prinsip dan ciri-ciri yang membedakannya dengan sistem pemerintahan lain. Model demokrasi juga cukup beragam mulai dari demokrasi klasik hingga demokrasi liberal. Untuk mengetahui lebih banyak tentang demokrasi, simak pembahasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Demokrasi Menurut Ahli

Para ahli mempunyai definisi yang berbeda terkait pengertian sistem pemerintahan demokrasi. Berikut beberapa pendapat ahli yang perlu Anda ketahui.

1. C.F. Strong

C.F. Strong berpendapat bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang hanya melibatkan masyarakat dewasa untuk terjun dalam politik yang menggunakan sistem perwakilan. Dalam sistem ini, pemerintah akan mempertanggungjawabkan tindakan serta keputusannya.

2. E.E. Schattschneider

Menurut Schattschneider, demokrasi adalah sistem politik yang bersifat kompetitif di mana terdapat persaingan antara pemimpin dan organisasi untuk menjabarkan kebijakan publik. Melalui kompetisi ini, pemimpin bisa ikut serta dalam pengambilan keputusan.

3. Adam Przeworksi

Przeworski mempunyai pandangan yang cukup unik mengenai arti demokrasi. Menurutnya, demokrasi merupakan sistem yang memungkinkan adanya kompetisi melalui berbagai aturan, munculnya periode pemenang dan pecundang, serta kemungkinan partai politik kalah.

4. Aristoteles

Aristoteles beranggapan bahwa demokrasi mempunyai prinsip kebebasan. Hanya dengan kebebasan setiap negara dapat berbagi kekuasaan.

Ciri-ciri Demokrasi

Secara garis besar, demokrasi ditandai dengan pengambilan kebijakan berdasarkan aspirasi rakyat dan keinginan umum. Namun, ada beberapa ciri khas lain yang dimiliki oleh sistem pemerintahan demokrasi yang perlu Anda tahu.

1. Terdapat Perwakilan Rakyat

Sebuah negara demokrasi harus mempunyai perwakilan rakyat. Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi mempunyai lembaga Dewan Perwakilan Rakyat yang dipilih melalui pemilu. Anggota DPR mewakili kekuasaan dan kedaulatan rakyat untuk menjalankan urusan negara.

2. Keputusan Berdasarkan Aspirasi Rakyat

Semua keputusan yang diambil oleh pemerintah harus berdasarkan kepentingan dan aspirasi rakyat, bukan pribadi atau golongan. Hal ini sesuai dengan pengertian demokrasi sebagai sistem dari, oleh, dan untuk rakyat.

3. Menyelenggarakan Pemilu

Salah satu ciri-ciri demokrasi adalah penyelenggaraan pemilihan umum atau pemilu. Melalui pemilihan umum secara langsung, bebas, dan rahasia, rakyat bisa memilih pemimpin atau perwakilannya untuk menjalankan pemerintahan.

4. Memiliki Partai

Setiap negara demokrasi menggunakan sistem kepartaian. Partai merupakan sarana untuk melakukan sistem demokrasi oleh rakyat. Melalui partai, rakyat bisa dipilih sebagai perwakilan di pemerintahan sekaligus pengawas kinerja pemerintah.

5. Menerapkan Sistem Konstitusional

Ciri terakhir dari sistem demokrasi adalah penerapan sistem konstitusional. Hal ini terlihat dari penetapan undang-undang dan hukum yang harus diterapkan secara adil.

Prinsip Demokrasi

Setelah mengenal pengertian demokrasi beserta ciri-cirinya, kini saatnya bagi Anda untuk mempelajari prinsip demokrasi. Penerapan demokrasi di Indonesia berdasarkan Pancasila sehingga menganut prinsip sebagai berikut:

1. Prinsip Kerakyatan

Prinsip kerakyatan berarti demokrasi di Indonesia harus menggunakan paham kedaulatan rakyat. Rakyat berada pada posisi tertinggi negara dan bersifat tunggal.

2. Prinsip Hikmat Kebijaksanaan

Hikmat kebijaksanaan berarti kedaulatan rakyat terikat oleh aturan hikmat dan kebijaksanaan. Hikmat berarti sesuai kehendak Tuhan Yang Maha Esa sedangkan kebijaksanaan berarti upaya manusia untuk mencari kebenaran. Keduanya digunakan dalam hukum di Indonesia.

3. Prinsip Permusyawaratan

Prinsip permusyawaratan merupakan salah satu prinsip demokrasi yang diterapkan di Indonesia. Musyawarah dilaksanakan untuk bertukar pikiran dan mencapai mufakat dari banyaknya pendapat yang berbeda.

4. Prinsip Perwakilan

Prinsip terakhir yang digunakan pada demokrasi Indonesia adalah perwakilan. Berdasarkan prinsip ini, pemerintahan diselenggarakan oleh perwakilan rakyat yang telah dipilih melalui pemilihan umum. Amanah tersebut harus dipegang teguh untuk mencapai kehidupan negara yang lebih baik.

Model Demokrasi

Menurut buku Demokrasi Pancasila yang ditulis oleh Darmawan Harefa, sistem pemerintahan demokrasi mempunyai beberapa model. Berikut ini beberapa di antara model demokrasi yang layak untuk Anda ketahui.

1. Demokrasi Langsung

Demokrasi langsung merujuk pada sistem demokrasi yang secara langsung melibatkan partisipasi masyarakat. Pemerintahan dengan demokrasi langsung akan menghapuskan batasan antara rakyat dan pemerintah.

2. Demokrasi Klasik

Demokrasi klasik merupakan sistem demokrasi pertama di mana pemilihan hanya dilakukan oleh laki-laki yang merdeka. Perempuan dan orang yang tidak mempunyai properti tidak diperbolehkan mengikuti pemilihan.

  • Demokrasi Perwakilan

Sistem ini disebut juga sebagai demokrasi tidak langsung karena rakyat tidak berpartisipasi secara langsung dalam pemerintahan. Dengan kata lain, pemerintah membatasi partisipasi rakyat

3. Demokrasi Radikal

Bentuk pemerintahan demokrasi ini mendukung partisipasi dan desentralisasi. Bahkan, demokrasi ini mempunyai batasan yang tidak pasti.

4. Demokrasi Liberal

Demokrasi liberal bersifat tidak langsung karena menggunakan perwakilan. Wakil rakyat memperoleh jabatan politik melalui pemilihan.

Sistem demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang digunakan di Indonesia. Memahami pengertian demokrasi beserta ciri-ciri, prinsip, dan modelnya sangat penting untuk menambah wawasan Anda seputar sistem pemerintahan yang satu ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top