Pengertian Lailatul Qadar, Keutamaan, Tanda, dan Amalannya

Malam Lailatul Qadar menjadi malam yang sangat istimewa dan dinantikan oleh umat Islam. Malam yang mulia ini hanya terjadi satu tahun sekali namun ada banyak keistimewaan yang dimiliki. Oleh sebab itu, kaum muslimin perlu memahami pengertian Lailatul Qadar dan keutamaan serta tandanya.

Dengan mengenali keutamaan Lailatul Qadar, diharapkan Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk beribadah sebaik-baiknya. Anda bisa melihat tanda-tanda yang menunjukkan terjadinya malam istimewa ini meskipun tidak ada seorang pun yang benar-benar tahu kapan Lailatul Qadar terjadi.

Pengertian Lailatul Qadar

Lailatul Qadar sering disebut sebagai malam seribu bulan. Malam ini menjadi sangat istimewa karena merupakan malam diturunkannya Al-Quran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad. Lailatul Qadar terjadi pada setiap bulan Ramadhan namun waktu pasti kedatangannya tidak diketahui.

Ada yang berpendapat bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan pada malam-malam ganjil. Namun ada pula yang berpendapat bahwa Lailatul Qadar bisa terjadi di malam-malam genap.

Untuk menyikapi perbedaan tersebut, Anda bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan malam ini dengan beribadah secara sungguh-sungguh setiap malam Ramadhan. Ini adalah cara paling efektif untuk memperoleh keutamaan malam Lailatul Qadar. 

Keutamaan Lailatul Qadar

Lailatul Qadar mempunyai sejumlah keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan yang membuat malam Lailatul Qadar sangat istimewa:

Malam Diturunkannya Al-Quran

Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran. Pada malam ini, Allah memerintahkan malaikat Jibril untuk menyampaikan Al-Quran untuk pertama kalinya kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setelah ini, Al-Quran diturunkan secara terpisah selama 23 tahun.

Lebih Baik dari Seribu Bulan

Sesuai dengan kandungan surat Al Qadar ayat 3, malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan. Maksudnya adalah setiap amalan yang dikerjakan pada malam ini lebih baik dari amalan yang dilakukan selama seribu bulan.

Malam Penuh Berkah

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keberkahan. Allah memberkahi malam ini sesuai dengan kandungan Al Quran surat Ad Dukhon ayat 3.

Turunnya Malaikat Jibril

Pada surat Al Qadar ayat 4, Allah berfirman bahwa malaikat Jibril dan malaikat lainnya turun pada malam Lailatul Qadar. Malaikat turun ke dunia karena banyaknya berkah yang diturunkan pada malam tersebut.

Malam Diampuni Dosa

Orang yang beramal karena iman dan dengan mengharap pahala dari Allah pada malam Lailatul Qadar maka akan diampuni dosa-dosanya. Tentunya ini merupakan sesuatu yang diharapkan oleh kaum muslimin.

Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

Malam Lailatul Qadar merupakan malam dijelaskannya segala urusan manusia, seperti yang difirmankan pada surat Ad Dukhan ayat 4. Pada malam ini dicatat takdir manusia dalam satu tahun, termasuk ajal dan rezekinya.

Tanda-tanda Lailatul Qadar

Sepuluh hari terakhir Ramadhan merupakan waktu terjadinya Lailatul Qadar. Ada beberapa ciri-ciri Lailatul Qadar yang bisa Anda perhatikan pada malam istimewa, yaitu:

  • Angin dan udara terasa tenang
  • Malam tidak terasa panas atau dingin
  • Manusia merasakan ketenangan dan kelezatan saat beribadah kepada Allah
  • Pada pagi harinya, matahari terbit dalam keadaan jernih tanpa sinar yang terik
  • Beberapa orang mungkin melihat malam ini dalam mimpinya

Amalan pada Malam Lailatul Qadar

Tentunya Anda bisa mempersiapkan diri menyambut malam Lailatul Qadar dengan amalan-amalan yang baik. Berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan pada malam seribu bulan:

1. Salat Malam

Salat malam adalah salah satu amalan utama yang bisa dikerjakan untuk menghidupkan malam Lailatul Qadar. Anda bisa memperbanyak salat tahajud dan diikuti dengan witir sebagai penutup. Salat pada malam ini mempunyai pahala yang sangat besar.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran juga menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam diturunkannya Al-Quran sehingga mengisi waktu dengan membaca serta mentadaburi Al-Quran tentunya sangat bermanfaat bagi Anda.

3. Berzikir dan Berdoa

Berzikir dan berdoa pada malam Lailatul Qadar tentunya mempunyai keutamaan dibandingkan waktu-waktu lainnya. Dengan berzikir, Anda senantiasa mengingat kebesaran Allah sehingga diharapkan Anda mendapatkan pahala  yang besar.

Berdoa juga sangat dianjurkan pada malam ini. Anda bisa berdoa memohon ampunan, meminta surga serta berlindung dari api neraka, dan meminta keberkahan kepada Allah.

4. Bersedekah

Bersedekah di malam Lailatul Qadar seperti bersedekah seribu bulan. Bagi Anda yang mengharapkan pahala besar, pastikan untuk memperbanyak sedekah pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan agar bertepatan dengan malam Lailatul Qadar.

5. Memperbanyak Doa Lailatul Qadar

Umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa Lailatul Qadar yang berbunyi “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Ini dia permohonan ampun agar Allah menghapus kesalahan.

Singkatnya, sangat penting bagi kaum muslimin untuk memahami pengertian Lailatul Qadar, keutamaan, tanda, serta amalan yang dianjurkan. Dengan berbagai pengetahuan tersebut, Anda bisa berusaha lebih maksimal untuk mendapatkan malam ini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top